Selasa, 20 Maret 2012

Laporan Keuangan Yang Diperbandingkan


LAPORAN KEUANGAN YANG DAPAT DIPERBANDINGKAN

Untuk dapat memproleh gambaran tentang perkembangan finansial suatu perusahaan, perlu mengadakan analisa atau interprestasi terhadap data finansial dari perusahaan bersangkutan, dimana data finansial itu tercermin didalam laporan keuangan. Ukuran yang sering digunakan dalam analisa finansial adalah ratio.

Laporan Keuangan dibuat agar dapat digunakan suatu kegunaan yang penting adalah dalam menganalisis kesehatan ekonomi perusahaan. Menurut Kown ( 2004 ; 107 ) : “ Hasil dari menganalisis laporan keuangan adalah rasio keuangan berupa angka-angka dan rasio keuangan harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan”.

Analisa Laporan Keuangan menyangkut pemeriksaaan keterkaitan angka–angka dalam laporan keuangan dan trend angka–angka dalam beberapa periode, satu tujuan dari analisis laporan keuangan menggunakan kinerja perusahaan yang lalu untuk memperkirakan bagaimana akan terjadi dimasa yang akan datang.

Dibawah ini perhitungan ratio likiuditas :
1.      Current Ratio ( Rasio Lancar)
Merupakan Rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendeknya dengan menggunakan aktiva lancar yang dimiliki,
Current Ratio dapat dihitung dengan rumus :
Current Ratio = Aktiva Lancar
  Hutang Lancar
CONTOH :





Analisis :
Pada tahun 2007, 2008 setiap hutang lancar Rp 1,- dijamin dengan Rp 1,29,-, Rp 1,38,- aktiva lancr. Hal ini berarti menunjukan meningkatnya kemampuan perusahaandalam melunasi kewajiban lancardengan aktiva lancar yang tersedia. Meskipun bukan ukuran secara mutlak, namun ukuran secara kasar current ratio yang lebih dari 200% adalah baik.


Ini berarti bahwa kemampuan untuk membayar hutang yang segera harus dipenuhi dengan aktiva lancar, untuk tahun 2005 adalah setiap Rp. 1 hutang lancar dijamin oleh Aktiva lancar Rp. 1,04. untuk tahun 2006 adalah setiap hutang lancar Rp. 1 dijamin oleh Rp.1,05 aktiva lancar.

2.      Cash Ratio ( Rasio Lambat)
Merupakan Rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek dengan kas yang tersedia dan yang disimpan diBank. Cash Ratio dapat dihitung dengan Rumus yaitu :
Cash Ratio =   Cash + Efek
          Hutang Lancar
CONTOH :
 Analisis  :
Pada tahun 2007, 2008 setiap hutang lancar  Rp 1,- dijamin dengan Rp 0,93,- dan Rp 0,93,- kas dan efek yang akan diuangkan. Hal ini menunjukan bahwa pada taun-tahun besarnya kas dan efek yang segera dapat diuangkan yang disediakan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya meningkat, secara umum kondisi cast ratio PT FAST FOOD INDONESIA  baik,

3.      Quick Ratio ( Rasio Cepat )
Merupakan rasio yang digunaka untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendeknya dengan menggunakan aktiva yang lebih likuid . Quick Ratio dapat dihitung dengan rumus yaitu :
Quick Ratio = Aktiva Lancar – Persediaan
Hutang Lancar
CONTOH 
:


Analisis  :
Pada tahun 2007, 2008 setiap hutang lancar  Rp 1,- dijamin dengan Rp 1,57,- dan Rp 1,76,- aktiva lancar dan persediaan. Dilihat dari table quick ratio di atas 100% yang berarti bahwa likuiditas dari perusahaan tersebut baik. Hal ini menunjukan kemampuan perusahaan untuk membayar hutang dan aktiva lancar yang lebih likuid semakin baik. Biasanya quick raio ini menjadi pusat perhatian para kreditur, mereka menghendaki  perusahaan yang mampu menyediakan alat-alat likuid yang memadai untuk memenuhi keajiban jangka panjangnya.


sumber :



1 komentar:

  1. Taito Japan to purchase Japanese Tatsujin and titanium scrap price
    the Tatsujin and nier titanium alloy titanium auction will continue titanium tent stakes until late September. A nano titanium by babyliss pro total of titanium bikes 1,000,000 in total, it's possible that the 2014 ford fusion energi titanium auction would

    BalasHapus