Sabtu, 12 Maret 2011

EVALUASI PELUANG USAHA BARU




Banyak dana telah dikeluarkan didalam memulai usaha baru dan juga yang mengalami kebangkrutan dalam satu atau dua tahun. Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan usaha baru adalah kendali wirausahawan
Alasan utama kegagalan usaha baru adalah :
  • Pengetahuan pasar yang tidak memadai
  • Kinerja produk yang salah
  • Usaha pemasaran dan penjualan yang tidak efektif
  • Tidak disadarinya tekanan persaingan
  • Keusangan produk yang terlalu cepat
  • Waktu memulai usaha baru yang tidak tepat
  • Kapitalisasi yang tidak memadai, pengeluaran operasi yang tidak diprediksi, investasi yang berlebih-lebihan pada asset tetap, dan kesulitan keuangan yang berkaitan
Penilaian Peluang-Peluang Pasar
Tujuan dari pemasaran adalah memenuhi permintaan pelanggan.
Riset Pasar adalah pengumpulan, pencatatan dan analisis secara sistematis, atas informasi yang berkaitan dengan pemasaran dan jasa.
Riset pasar dapat membantu :
  • Menemukan pasar yang menguntungkan
Menentukan dimana produk yang telah perusahaan buat untuk dipasarkan, dilihat dari lokasi perusahan, sumberdaya, maupun lokasi pasar.
  • Memilih produk yang dapat dijual
Memilih produk apa yang akan dijual, kita bias lihat dari banyaknya permintaan konsumen, serta apa saja yang sedang dibutuhkan oleh konsumen sekaranr-sekarang ini.
  • Menentukan perubahan dalam perilaku konsumen
Setiap konsumen memiliki kebutuhan yng berbeda-beda, oleh karena itu perusahan harus selalu melihat kondisi permintaan konsumn itu sendiri.
  • Meningkatkan teknik-teknik pemasaran yang lebih baik
Gunakanlah selalu teknik-teknik pemasaran yang cukup ampuh untuk menarik minat konsumen.
Contoh: langsung memasarkan ke konsumen(door to door)
  • Merencanakan sasaran yang realistik
Cari benar-benar konsumen mana atau tempat mana yang sedang membutuhkan produk yang telah kita buat.
Analisa Potensi Pasar
Analisa petensi pasar adalah suatu proses untuk menentukan potensi penjualan. Yang dimaksud potensi pasar adalah suatu perkiraan kapasitas dari suatu pasar untuk menyerap barang produksi. Perkiraan tersebut bisa dinyatakan dalam bentuk fisik atau dalam jumlah mata uang, atau bisa dalam bentuk persentase.
Potensi pasar biasanya juga berarti kemungkinan jumlah penjualan. Beberapa potensi  penjualan yang berbeda-beda bisa diketahui untuk pasar  tertentu. Salah satu potensi  itu misalnya total volume yang mungkin bisa dijual dalam satu keadaan yang ideal.
Penelitian mengenai potensi pasar bagi usaha baru mungkin melibatkan penilaian subyektif dan pribadi; tidak selalu ilmiah
Analisa Kelayakan Finansial
Adalah landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa diharapkan
Langkah-langkah dalam analisa kelayakan finansial :
          Analisa semua kewajiban finansial dan kebutuhan pengeluaran secara mendetail
          Proyeksi sumber daya finansial yang tersedia dan dana-dana yang akan dihasilkan dalam operasi perusahaan
          Penting untuk menentukan secara sistematis aliran masuk, aliran keluar operasional yang diantisipasi dan aliran kas netto untuk periode waktu tertentu
          Apakah ia akan menghasilkan pengembalian pada modal yang diinvestasikan yang memuaskan
Penilaian Kemampuan Organisasional
Setiap bisnis usaha membutuhkan orang-orang dengan berbagai jenis keterampilan dan bakat untuk bekerja sama mencapai tujuan organisasional.
Dalam penilaian ini dilakukan :
          Penentuan kebutuhan personalia dan perancangan struktur organisasi awal
          Perbandingan kebutuhan dan ketersediaan personalia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar